Materi ajar
bahasa arab Tema: أَسْمَاءُ الْحَيَوَانَاتِ (Nama-nama Hewan)
Tema : أَسْمَاءُ الْحَيَوَانَاتِ : Nama-nama Hewan
Sub tema : kosa kata المُفْرَدَاتُ
Pembelajaran
: 4
Muatan
Pelajajaran : Pendidikan Bahasa Arab
Kelas : III A, B, C, D
1.
Sapaan
Assalamualaikum
wr. wb.
صَبَاحُ الخَيْر؟
selamat pagi
كيف حالكم؟ bagaimana kabarmu
ماذا درسنا الآن؟
apa pelajaran kita sekarang
2.
Apersepsi
Baiklah anak-anak sholeh dan sholehah, sebelum
kita lanjutkan ke materi berikutnya umi akan mereview kembali materi sebelumnya
tentang nama-nama pelajaran, coba anak-anak nyanyikan lagu nama-nama pelajaran!
Untuk Materi hari ini kita akan belajar tentang nama-nama hewan dalam bahasa
arab,
Siapa yang sudah pernah pergi ke kebun
binatang?
Sebutkan ada binatang apa saja disana?
Sipakah yang menciptakan binatang tersebut?
Ayo, kita pelajari nama-nama binatang dalam
bahasa arab!
3.
Tujuan pembelajaran
Peserta didik memiliki kemampuan berikut ini:
3.1.1
memahami arti kosa kata tentang nama-nama pelajaran
3.1.2
menghafal kosakata kosa kata tentang nama-nama
pelajaran
3.1.3
menuliskan kosa kata tentang nama-nama pelajaran
4.
Materi ajar
Kosa Kata: المُفْرَدَاتُ
أَسْمَاءُ الْحَيَوَانَاتِNama-nama
Hewan:
فِيْلٌ Gajah :
طَيْرٌ burung:
جَمَلٌ onta:
أَسَدٌ singa:
غَنَمٌ kambing:
أَرْنَبٌ kelinci:
جَامُوْسٌ kerbau:
سَمَكٌ ikan :
قِرْدٌ monyet:
حِصَانٌ kuda:
خِنْزِيْرٌ Babi:
دَجَاجَةٌ ayam:
بَقَرَةٌ sapi:
زَرَافَةٌ Jerapah :
5.
Evaluasi
Jawablah pertanyaan berikut:
1.
Apakah bahasa
arab dari Nama-nama Hewan?
2.
Apakah bahasa arab dari singa?
3.
Apakah bahasa arab dari gajah?
4.
Apakah arti dari “thoyrun”?
5.
Apakah arti dari “Baqaratun?
Setiap siswa dapat mengafal lagu nama-nama hewan!
6.
Penutup
Baiklah, cukup sekian materi pelajaran kita hari ini, syukron ala
ihtimamikum, umi akhiri, wassalamualaiakum wr.wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar