Materi ajar
bahasa arab  Tema: أَسْمَاءُ الْحَيَوَانَاتِ (Nama-nama Hewan)
Tema               : أَسْمَاءُ الْحَيَوَانَاتِ : Nama-nama Hewan
Sub tema         : kosa kata المُفْرَدَاتُ 
Pembelajaran
  : 4
Muatan
Pelajajaran : Pendidikan Bahasa Arab
Kelas               : III A, B, C, D
1.       
Sapaan
Assalamualaikum
wr. wb.
صَبَاحُ الخَيْر؟
selamat pagi 
كيف حالكم؟    bagaimana kabarmu 
ماذا درسنا الآن؟
apa pelajaran kita sekarang 
2.       
Apersepsi 
Baiklah anak-anak sholeh dan sholehah, sebelum
kita lanjutkan ke materi berikutnya umi akan mereview kembali materi sebelumnya
tentang nama-nama pelajaran, coba anak-anak nyanyikan lagu nama-nama pelajaran!
Untuk Materi hari ini kita akan belajar tentang nama-nama hewan dalam bahasa
arab,
Siapa yang sudah pernah pergi ke kebun
binatang? 
Sebutkan ada binatang apa saja disana?
Sipakah yang menciptakan binatang tersebut?
Ayo, kita pelajari nama-nama binatang dalam
bahasa arab!
3.       
Tujuan pembelajaran
Peserta didik memiliki kemampuan berikut ini:
3.1.1       
memahami arti kosa kata tentang nama-nama pelajaran
3.1.2       
menghafal kosakata kosa kata tentang nama-nama
pelajaran
3.1.3       
menuliskan kosa kata tentang nama-nama pelajaran
4.       
Materi ajar
Kosa Kata: المُفْرَدَاتُ            
أَسْمَاءُ الْحَيَوَانَاتِNama-nama
Hewan: 
فِيْلٌ  Gajah : 
طَيْرٌ  burung: 
جَمَلٌ  onta: 
أَسَدٌ singa: 
غَنَمٌ kambing: 
أَرْنَبٌ kelinci: 
 جَامُوْسٌ  kerbau: 
سَمَكٌ  ikan : 
قِرْدٌ  monyet: 
 حِصَانٌ  kuda: 
خِنْزِيْرٌ  Babi: 
دَجَاجَةٌ  ayam: 
بَقَرَةٌ  sapi: 
زَرَافَةٌ  Jerapah :  
5.       
Evaluasi
Jawablah pertanyaan berikut:
1.     
 Apakah bahasa
arab dari Nama-nama Hewan?
2.     
Apakah bahasa arab dari singa?
3.     
Apakah bahasa arab dari gajah?
4.     
Apakah arti dari “thoyrun”?
5.     
Apakah arti dari “Baqaratun?
Setiap siswa dapat mengafal lagu nama-nama hewan!
6.       
Penutup
Baiklah, cukup sekian materi pelajaran kita hari ini, syukron ala
ihtimamikum, umi akhiri, wassalamualaiakum wr.wb.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar